Cara Menumbuhkan MINAT Baca

Hai guys, kali ini saya akan share tentang “cara menumbuhkan MINAT baca”. Berhubung saya bekerja dalam bidang pendidikan yang menumbuhkan Minat belajar pada anak usia dini. So ga ada salahnya kan saya share topik ini. Agar kalian juga termotivasi.

Hmmm... bacaaa???
Saya yakin kebanyakan dari kalian malas untuk membaca, apalagi jaman sekarang sudah semakin canggih dengan adanya google . tapi kalian sadar ga sih, dengan membaca kita lebih banyak mengetahui berbagai macam hal di dunia ini.

Penelitian tentang minat baca bisa dibuktikan melalui lembaga UNESCO yang merilis survei terhadap minat baca di 61 Negara.
Dan hasilnya sangat disayangkan, minat baca di INDONESIA hanya 0,001% dan menempati peringkat kedua dari bawah dari 61 negara tersebut...
But, kalian pasti udah tau kan indonesia membuka Perpustakaan Nasional Tertinggi, padahal minat baca di Indonesia sangat rendah.. So, untuk kalian yang mau menumbuhkan minat dalam membaca, coba biasakan diri kalian mulai dari sekarang.

Mempunyai minat baca yang tinggi bukanlah bakat bawaan, melainkan bisa dipupuk perlahan-lahan. Walaupun kebiasaan ini tak ditanamkan semenjak dini, seiring dengan semakin meningkatnya kedewasaan serta matangnya pola pikir seseorang mungkin yang bersangkutan mulai memahami pentingnya membaca untuk meningkatkan kualitas diri sehingga ingin memulai kebiasaan baik tersebut pada dirinya sendiri.
Inilah beberapa cara ampuh untuk menumbuhkan serta meningkatkan minat baca bagi diri sendiri, agar membaca bisa menjadi kebiasaan baik bagi diri sendiri.
1. Menumbuhkan motivasi
Meningkatkan minat baca harus dimulai dari diri sendiri. Tanamkan dalam diri kita bahwa dengan membaca pandangan kita menjadi terbuka atas hal-hal yang sebelumnya tak kita ketahui. Selain itu membaca juga akan menambah perbendaharaan pengetahuan di dalam diri kita sehingga kualitas SDM kita akan meningkat. Hal ini akan memberi dampak positif bagi hidup kita di hari depan.
2. Memilih tema yang diminati
Agar tujuan untuk menumbuhkan semangat membaca tercapai sebaiknya pilih buku atau sumber bacaan dengan tema yang kita sukai. Salah satu penyebab mengapa orang yang berniat untuk membiasakan diri membaca sering berhenti di tengah jalan karena telah memiliki mindset bahwa buku adalah bacaan yang membosankan dan berat.
Padahal setiap buku mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan kita bisa memilih yang sesuai minat kita. Anda bisa memilih buku-buku ringan misalnya yang judulnya mengandung kata, langkah, tips, kiat, dan seterusnya. Selain itu novel yang tak terlalu tebal atau kumpulan cerpen juga bisa menjadi pilihan.
3. Menyisihkan waktu
Berpikirlah bahwa menyisihkan beberapa menit setiap hari tak hanya sebagai latihan untuk meningkatkan minat baca tetapi juga investasi untuk kehidupan yang lebih baik di hari depan. Untuk itu pilihlah waktu yang benar-benar senggang di mana Anda bisa fokus kepada bahan bacaan Anda.
Kadang-kadang kita sulit menyerap suatu bahan bacaan karena konsentrasi kita tengah tertuju pada hal-hal lain. Meluangkan beberapa menit untuk membaca sebelum tidur bisa menjadi pilihan. Setelah terbiasa tambahkan durasinya sedikit demi sedikit setiap hari.
4. Meningkatkan rasa ingin tahu
Kunjungi perpustakaan atau toko buku. Di sana Anda akan menemukan ratusan buku dengan judul-judul serta cover yang menarik. Mungkin Anda akan berpikir bahwa ini adalah strategi marketing, memang benar, tetapi bukankah trik ini juga sukses membangkitkan rasa ingin tahu Anda? Lanjutkan rasa penasaran ini untuk mengetahui isi buku tersebut dan lambat laun tanpa terasa Anda akan menjadi orang dengan hobi membaca.
5. Meminta rekomendasi
Meminta rekomendasi teman meskipun Anda masih dalam rangka belajar untuk meningkatkan minat baca. Anda mungkin belum terlalu tahu buku-buku apa yang bagus untuk dibaca, untuk itu Anda bisa meminta saran atau rekomendasi dari rekan yang suka membaca, selain itu Anda juga bisa meminjam buku-buku koleksi mereka yang menurut mereka bagus.
6. Membaca seperlunya
Walaupun Anda sangat bersemangat untuk mengembangkan hobi membaca ini sebaiknya jangan berlebihan untuk menghindari rasa bosan sehingga Anda berhenti di tengah jalan. Kebutuhan untuk membaca itu memang tergantung dari hasrat masing-masing orang untuk memperoleh informasi. Sedikit demi sedikit intensitas membaca Anda akan semakin bertambah, begitu juga kualitas buku yang Anda baca sedikit demi sedikit tema yang dipilih bisa yang semakin “berat” atau serius.
Sekian blog kali ini, semoga aja bisa membantu kalian untuk memiliki Minat baca. Agar perpustakaan kita tidak sepi, dan agar buku buku dan ilmu-ilmu kalian bisa berguna dan juga pastinya bertambah...

http://www.bimba-aiueo.com/6-cara-ampuh-tumbuhkan-minat-baca/

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Diri (Who Am I)

Contoh Refleksi Diri

Sepuluh Prinsip Ekonomi buku N. Grogery Mankiw